Catatan kecil untuk persiapan Mawapres 2015 bagi mahasiswa Teknik Sipil UR

Dear all,
ibu ingin mendorong anda, mahasiswa Teknik Sipil untuk mempersiapkan diri menjadi salah satu Mahasiswa Berprestasi UR 2015.

Dua minggu lalu saya menjadi bagian dari Dewan Juri Mawapres 2014 dan tim telah memilih Sdr Azhari dari HI FISIP UR sebagai Mahasiswa Berprestasi I untuk dikirim ke tingkat nasional. Sdr Azhari memenuhi kriteria citra Mhs Berprestasi UR dengan prestasi seperti juara lomba debat bahasa Inggris dan best paper dalam seminar HI, aktif berbahasa Inggris, mampu menulis karya tulis dengan topik aktual dan mampu menerjemahkan pertanyaan juri yang bersifat abstrak menjadi langkah konkrit. Sdr Azhari tidak menang dengan mudah, karena kompetitornya, Sdri Novi dari FE juga memiliki segudang prestasi yang tidak kalah hebat.

Saya ingin memberikan beberapa masukan bagi mahasiswa TS yang berminat:
a) Persiapan untuk syarat umum: mahasiswa max. semester VIII, IPK minimal 3.00, membuat karya tulis dengan topik tertentu (sesuai panduan) dan memiliki prestasi/kemampuan yang diunggulkan.

b) Prestasi/kemampuan unggulan dapat berupa partisipasi dalam kegiatan seminar sebagai pembicara/peserta, ikut serta sebagai peserta lomba-lomba seperti desain konstruksi, rancang mix design beton, lomba karya tulis ilmiah tingkal lokal/provinsi/nasional/regional/internasional, etc. Sebaiknya seminar dan lomba-lomba yang diikuti mayoritas bidangnya linear dengan bidang ilmu Teknik Sipil untuk mendapatkan nilai tambah.

c) Aktif berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Saya mengetahui ada beberapa mahasiswa TS yang mampu presentasi dengan sangat baik dalam bahasa Inggris, tetapi harus diasah kemampuannya dalam menulis tulisan ilmiah. Oleh karena itu, jika berminat, ikutlah workshop/kursus penulisan karya tulis yang rencananya akan diadakan oleh Jurusan. Jika belum fasih berbahasa Inggris, maka cobalah kursus bahasa Inggris di LIA, EF atau Easy Speak.

d) Untuk mengikuti seminar dan lomba, coba masukkan proposal dahulu ke staf PR III.

e) Kegiatan internasional yang dapat diikuti seperti summer camp, summer course, KKN Internasional, dengan biaya pendaftaran cukup terjangkau sekitar Rp 1-2 juta, dapat ditanyakan kepada Kantor Urusan Internasional UR dan sebagian dana mungkin bisa diminta kepada Fakultas dan PR III.

f) Saringan awal adalah di tingkat Jurusan dan Fakultas. Mayoritas juri pada tahap awal lebih memperhatikan pada penulisan karya tulis (keaktualan topik yang diangkat, teknik penulisan dan manfaat penulisan) serta kefasihan berbicara dalam bahasa Inggris.

Masih ada satu tahun lagi. Bagi yang berminat bisa bersiap-siap dari tahun ini.

Panduan lengkap dapat dilihat pada:
http://www.dikti.go.id/id/2014/03/05/panduan-pemilihan-mahasiswa-berprestasi-mawapres-2014/

Demikianlah sumbang saran saya untuk Mahasiswa TS, dari ajang pemilihan Mawapres 2014. Semoga tahun depan ada mahasiswa TS yang mulai berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Pekanbaru,